Info Tempat, Rute, Peta wisata alam Kulonprogo.

obat jerawat

Pilih Tempat Wisata Dengan Klik Pada Area Wisata

Gunakan Browser Chrome untuk dapat menggunakan peta

Daerah Kerajinan Sentolo Kulon Progo

Disponsori Oleh:


Enceng gondok tentu menjadi tanaman pengganggu bagi orang awam. Tetapi bagi warga Desa Salamrejo, Kecamatan Sentolo, Kulon Progo, enceng gondok menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan. Pasalnya daerah ini menjadi sentra kerajinan tangan dari enceng gondok. Bukan hanya berbahan dasar enceng gondok, warga desa Salamrejo juga memanfaatkan bahan-bahan serat alam lainnya untuk membuat produk kerajinan tangan. Misalnya saja kerajinan tangan dari pohon Gebang (Angel), kerajinan tangan dari rotan, dan kerajinan tangan dari daun pandan.

daerah kerajinan serat alam sentolo kulon progo diy

 Hasil kerajinan tangan dari bahan-bahan serat alam di atas misalnya tas, dompet, topi, alas meja, dan tempat lampu. Masih banyak lagi produk kerajinan dari bahan serat alam ini melihat semakin variatifnya keinginan dan kebutuhan masyarakat saat ini. Dalam menjalankan usahanya, para pengrajin di Desa Salamrejo tidak berdiri sendiri sendiri. Mereka bergabung dalam beberapa kelompok usaha kerajinan. Para pengrajin ini jumlahnya ada puluhan orang.
kerajinan serat alam daerah sentolo kulon progo

Tidak hanya dari bahan enceng gondok saja kerajinan tangan yang dihasilkan dari sana. Bahan-bahan serat alam lainnya pun bisa didapatkan dari Salamrejo misalnya kerajinan tangan dari Pohon Gebang (Agel), Kerajinan tangan dari daun pandan, dan juga kerajinan tangan dari bahan rotan. Aneka kerajinan tangan dari serat alam banyak diproduksi oleh tangan-tangan terampil Salamrejo, yang jumlahnya puluhan. Para pengrajin serat alam bernaung di beberapa kelompok usaha kerajinan (craft). Pemasaran hasil produksi kerajinan serat alam Salamrejo telah merambah dari pasar domestik hingga pasar luar negeri.

Disponsori Oleh:
1 Komentar untuk "Daerah Kerajinan Sentolo Kulon Progo"

Indonesia memang memiliki daerah" yang kreatif. Banyak hasil karya kerajinan dari barang bekas yang memiliki nilai jual tinggi

Mohon Maaf!, Setiap komentar yang mengandung iklan tidak kami tampilkan.

Back To Top