Info Tempat, Rute, Peta wisata alam Kulonprogo.

obat jerawat

Pilih Tempat Wisata Dengan Klik Pada Area Wisata

Gunakan Browser Chrome untuk dapat menggunakan peta

Wisata Sejarah dan Alam: Goa Sriti Kulonprogo

Disponsori Oleh:


Goa sriti adalah tempat wisata alam berupa goa yang terletak di kecamatan samigaluh Kabupaten Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju tempatnya relatif cukup mudah dibandingkan rute jalan ke wisata alam lainnya (seperti: Kalibiru dan Suroloyo).

Letaknya tidak jauh dari jalan samigaluh. Dari jalan besar masuk sekitar satu kilometer jalan naik. Namun sepinya pengunjung membuat tujuan wisata ini tidak dirawat. Jadi jika anda berminat untuk mengunjungi goa ini sebaiknya jangan hanya sendirian atau berduaan aja ya, apalagi yang penakut di tempat sepi dan gelap. 

Buat Anda yang suka tantangan, anda bisa membawa lampu penerangan sendiri untuk menelusuri goa ini. Satu hal yang lebih penting lagi jika ingin masuk goa lebih dalam lagi, pastikan anda ditemani juru kunci atau penduduk setempat yang tahu medan goa. Pernah di bagian dalam gua menjadi sarang monyet putih. Sehingga untuk masuk lebih jauh ke dalam gua alangkah baiknya bertanya terlebih dahulu kepada juru kuncinya.

susur goa sriti kulonprogo
Selompok Pandu HW susur goa sriti
Secara kasat mata memang goa ini tidak terlalu memukau dipandang. Seperti goa biasa pada umumnya yang memiliki stalaktit dan stalakmit, goa ini bisa dikatakan goa yang tidak terlalu besar. Namun, dari sejarahnya lah goa ini menjadi menarik, seperti halnya goa Slarong yang ada di Bantul, Goa sriti juga merupakan saksi biksu perjuangan dalam Perang Diponegoro. Goa ini adalah tempat dilantiknya Pangeran Diponegoro menjadi Sultan Abdulhamid Herucokro Amirul Mukminin Sayidin Panatagama Khalifatullah Tanah Jawi atau disingkat Sultan Abdul Hamid.

goa sriti kulonprogo
sebuah patung Diponegoro menunjuk ke arah Goa Sriti


Buat Anda yang suka sejarah bangsa dan sekaligus ingin berwisata alam, Anda bisa berkunjung untuk menyaksikan langsung saksi bisu perjuangan Pangean Diponegoro melawan kolonial Belanda.

Disponsori Oleh:
0 Komentar untuk "Wisata Sejarah dan Alam: Goa Sriti Kulonprogo"

Mohon Maaf!, Setiap komentar yang mengandung iklan tidak kami tampilkan.

Back To Top