Info Tempat, Rute, Peta wisata alam Kulonprogo.

obat jerawat

Pilih Tempat Wisata Dengan Klik Pada Area Wisata

Gunakan Browser Chrome untuk dapat menggunakan peta

Unik, Dawet Pakai Sambel Khas Kulonprogo

Disponsori Oleh:


Tentu anda tahu dong, minuman yang dapat menyegarkan dahaga di saat cuaca panas ini, yaitu dawet. Dawet yang dibeberapa tempat disebut juga dengan cendol ini, biasanya penyajiannya dicampur dengan santan dan gula merah.

Tapi, bagaimana rasanya ya jika dicampur dengan sambal? Pernahkah anda membayangkan sebelumnya? Apalagi jika ditambah taburan bawang goreng? 

Ternyata ini adalah minuman dawet unik yang bisa kita jumpai di kabupaten Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya berada di kawasan wisata kecamatan Girimulyo.  Dawet yang dicampur sambal serta bawang goreng ini disebut dengan Dawet Pecel. Ini adalah minuman khas dari Menoreh, namun kini sudah jarang yang menjajakannya. 

Dikutip dari solopos disebutkan bahwa minuman khas yang termasuk jajanan pasar ini masih bisa ditemui di kawasan wisata curug/grojogan Setawing yan berada di Dusun Jonggrangan, Desa Jatimulyo kecataman Girimulyo.

dawet khas kulonprogo dawet pecel sambal


Salah satu penjualnya adalah Ibu Pariyah (50 tahun). Ia beralasan ingin mengenalkan kembali jajanan pasar masa kecilnya itu. Bahanya sendiri dari dawet pecel ini adalah cendol  yang ditaburi dengan sambal kelapa bubuk serta bawang goreng. Sebagai tambahan ditaburi juga irirsan seledri dan kecambah. Saat disajikan diberi gula jawa cair.

Kalau dahulu lebih lengkap lagi, karena diberi juga tambahan sayur rebusan layaknya pecel. Untuk sambalnya memang tidak seperti sambal yang biasa kita makan tapi menggunakan irisan kelapa yang disangrai lalu ditumbuk dengan cabai merah, bawang putih serta gula pasir dan Garam.

Apakah Anda ingin mencicipi makanan khas ini? Silahkan kunjungi tempat tersebut. Satu porsi kecil dibungkus dengan plastik dijual dengan harga Rp. 1.500. Murah bukan..


Disponsori Oleh:
Tag : khas
0 Komentar untuk "Unik, Dawet Pakai Sambel Khas Kulonprogo"

Mohon Maaf!, Setiap komentar yang mengandung iklan tidak kami tampilkan.

Back To Top